Jakarta – Jelang MotoGP Belanda 2024, ada perubahan starting grid usai Jorge Martin dikenakan pinalti dan Aleix Espargaro mundur.

FIM Steward Panel memutuskan pelanggaran yang dilakukan Martin terjadi saat sesi kualifikasi dua (Q2).

“Anda [Martin] terlihat berkendara dengan lambat di jalur [dan] mengganggu pebalap lain – #25 [Raul Fernandez] – pada tikungan 2-3,” bunyi pernyataan FIM.

“Ini bertentangan dengan situs pttogel instruksi khusus yang diberikan kepada kompetitor dan tim MotoGP [mengenai] mengganggu sesi, dan dianggap tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, hal ini merupakan pelanggaran Pasal 1.21.2 peraturan Kejuaraan Dunia Grand Prix FIM,” tambah dokumen tersebut.

“Untuk alasan di atas, FIM MotoGP Stewards Panel telah menjatuhkan penalti tiga posisi grid untuk balapan MotoGP Motul TT Assen.”

Kala itu Martin melewati tikungan pembuka di Assen sambil memberi isyarat kepada rivalnya yang mencoba mengikutinya selama sesi kualifikasi. Martin dianggap melambatkan motor sehingga dinilai mengganggu laju pebalap Trackhouse Aprilia Fernandez.

Espargaro mengundurkan diri dari balapan untuk pemulihan cedera patah tulang metakarpal kelima di jari kanannya. Cedera ini didapat usai Espargaro mengalami crash saat balapan Sprint Race MotoGP Belanda, Sabtu (29/6).

“Aleix Espargaro akan absen pada sesi pemanasan dan balapan hari ini untuk mempercepat pemulihannya dari crash di sprint race. Semoga lekas pulih, Aleix!” begitu isi pernyataan resmi MotoGP.

Starting grid berubah. Bagnaia masih di posisi pertama karena berhasil keluar sebagai pole sitter. Martin akan turun dari grid kedua ke posisi kelima, Maverick Vinales maju ke posisi kedua, Alex Marquez ke baris depan di posisi ketiga, dan Aleix Espargaro ke posisi keempat.

Lantaran Aleix Espargaro mundur dari balapan. Posisi empat bakal ditempati Fabio Di Giannantonio.

Selanjutnya 10 besar bakal ditempati Marc Marquez, Morbidelli, Brad Binder, Pedro Accosta, Enea dan Enea Bastianini.

Posisi 11 hingga 21 secara berurutan ditempati oleh Raul Fernandez, Fabio Quartararo, Jack Miller, Marco Bezzecci, Alex Rins, Miguel Oliveira, Johann Zarco, Joan Mir, Luca Marini, Augusto Fernandez, dan Takaaki Nakagami. Namun

Sumber Artikel : wigforced.com