Pengapuran tulang atau osteoarthritis adalah penyakit degeneratif berupa peradangan kronis pada sendi yang terjadi ketika tulang rawan yang berperan sebagai bantalan pelindung tulang kehilangan elastisitasnya seiring waktu dan mengalami kerusakan.

Kondisi ini dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah makanan. Pasalnya terdapat sejumlah makanan penyebab pengapuran tulang yang bila sering dikonsumsi dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit ini.

Untuk mengetahui apa saja makanan penyebab pengapuran tulang yang perlu dibatasi konsumsinya, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Makanan Penyebab Pengapuran Tulang yang Perlu Dibatasi

Ada sejumlah makanan yang bila dikonsumsi terlalu sering dapat memicu terjadinya pengapuran tulang. Meski begitu, makanan-makanan tersebut tidak semata-mata dapat menyebabkan osteoarthritis secara langsung. Hanya saja, jika dikonsumsi terlalu berlebihan dan tidak diimbangi dengan gaya hidup sehat, risiko pengapuran tulang akan semakin besar.

Selain itu, bagi penderita pengapuran tulang, sebaiknya hindari atau kurangi hingga sesedikit mungkinĀ  makanan yang dapat memicu gejala osteoarthritis semakin memburuk. Adapun beberapa jenis makanan penyebab pengapuran tulang adalah sebagai berikut.

1. Makanan Tinggi Gula

Makanan penyebab pengapuran tulang yang pertama adalah makanan tinggi gula, baik gula alami maupun gula tambahan. Pasalnya, mengonsumsi gula secara berlebihan dapat menyebabkan terjadinya peradangan dalam tubuh dan obesitas, sehingga berpengaruh buruk terhadap kesehatan persendian.

Jadi, makanan manis seperti permen, makanan kemasan, atau minuman manis kekinian sebaiknya dibatasi konsumsinya terutama untuk penderita osteoarthritis. Kemudian, jangan lupa memperhatikan tabel informasi mengenai kandungan dalam makanan atau minuman pada kemasan dan pilih makanan dengan kandungan gula yang tidak berlebihan.

2. Makanan Tinggi Garam

Selain gula, makanan tinggi garam juga termasuk dalam makanan yang harus dihindari penderita osteoarthritis. Mengonsumsi garam secara berlebihan dapat menyebabkan cairan tertahan di dalam sel tubuh dan juga dapat memicu terjadinya peradangan hingga pembengkakan di persendian.

Bagi yang ingin menjaga kesehatan tulang, sebaiknya kurangi mengonsumsi makanan atau camilan asin yang mengandung banyak natrium. Bahkan tidak hanya dapat mencegah pengapuran tulang, mengurangi konsumsi garam juga bisa menurunkan risiko penyakit kronis lainnya, seperti salah satunya tekanan darah tinggi.

3. Karbohidrat Olahan

Makanan penyebab pengapuran tulang berikutnya adalah makanan yang mengandung karbohidrat olahan seperti misalnya roti putih, biskuit, atau makanan serupa lainnya. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi lain yang terkandung dalam makanan tersebut, seperti serat atau sumber lain karbohidrat akan menghilang karena telah menjalani proses pengolahan.

Di samping itu, jenis makanan ini dapat menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh melonjak sehingga bisa memperburuk peradangan pada tubuh.

4. Makanan Berlemak

Salah satu makanan penyebab pengapuran tulang adalah makanan berlemak atau yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Makanan-makanan tersebut diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL yang berkaitan erat dengan peningkatan risiko terjadinya peradangan sistemik. Adapun beberapa contoh makanan tinggi lemak, di antaranya:

Makanan cepat saji (fast food).

Susu penuh lemak.

Daging olahan dan daging merah.

Mentega.

Kelapa.

Makanan kemasan.

Makanan yang digoreng.

5. Makanan yang Mengandung Asam Lemak Omega-6

Sebenarnya, asam lemak omega-6 memiliki peran penting bagi tubuh, yaitu mencegah terjadinya peradangan dan membantu pembentukan sel serta jaringan baru. Namun, jika konsumsinya dilakukan secara berlebihan, senyawa ini justru dapat menyebabkan peradangan, terutama bagi penderita radang sendi. Beberapa makanan yang mengandung asam lemak omega-6 adalah kuning telur dan daging merah.

6. Makanan yang Digoreng

Selain mengandung lemak, makanan yang digoreng juga mengandung kadar AGE (advanced glycation end products) yang tinggi. AGE merupakan racun atau toksin yang diproduksi oleh tubuh ketika mengonsumsi makanan yang diolah dengan suhu tinggi, seperti digoreng.

AGE dapat menyebabkan kerusakan pada protein di dalam tubuh dan mendorong sistem imun tubuh menghancurkan AGE dengan mengeluarkan sitokin. Sitokin ini dapat memicu terjadinya peradangan pada tubuh.

7. Alkohol dan Tembakau

Alkohol dan tembakau diketahui mengandung zat atau senyawa beracun yang dapat menyebabkan inflamasi atau peradangan pada sendi. Bahkan, keduanya dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

 

Demikian penjelasan mengenai sejumlah makanan penyebab pengapuran tulang atau osteoarthritis yang sebaiknya dibatasi konsumsinya atau dihindari jika perlu, terutama bagi penderita masalah tulang ini.